Rabu, 12 Jul 2017, 05:02 WITA | 120 Views

PAPARAN STQ NASIONAL : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersalaman dengan Menag Lukman Hakim Saifuddin usai memaparkan kesiapan pelaksanaan STQ Nasional ke-24/2017 Provinsi Kaltara, di Kantor Kemenag RI di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (11/7).

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov), jajaran panitia daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan dan masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara) yang telah mempersiapkan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke-24/2017 dengan baik. Menag mengajak semua pihak untuk mensukseskan event nasional yang bakal digelar di Tarakan pada 15 hingga 21 Juli mendatang ini.

Demikian disampaikan Menag saat menerima Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie beserta jajaran panitia daerah STQ Nasional ke-24/2017 di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (11/7).

Turut mendampingi Gubernur yang menyampaikan paparan kesiapan Kaltara sebagai tuan rumah STQ Nasional, di antaranya Wakil Gubernur (Wagub) H Udin Hianggio selaku Ketua Umum Panitia Daerah, Sekretaris Provinsi (Sekprov) H Badrun (Ketua Harian), H Suriansyah (Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kaltara), serta wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara H Abdul Djalil Fattah.

Dalam paparannya, Gubernur menyampaikan, hingga saat ini tempat pelaksanaan atau venue yang terdiri dari 4 lokasi, pemondokan kafilah, dewan hakim, panitia pusat, hingga untuk tamu Very Important Personel (VIP) dan Very Very Important Personel (VVIP) sudah disiapkan. “Kami juga menyiapkan 180 petugas LO (Liaison Officer) yang akan membantu seluruh kafilah mulai dari penjemputan di bandara. Kemudian kendaraan untuk para tamu VIP, panitia, hingga dewan hakim,” ungkap Irianto.

Dalam kesempatan itu, Gubernur meminta kepada panitia pusat maupun Menag tentang kepastian pejabat negara yang akan membuka STQ Nasional pada 15 Juli nanti. Termasuk kepastian kedatangan Presiden Joko Widodo yang sebelumnya sempat dikabarkan akan membuka langsung. “Kami meminta kepastian, karena berkaitan dengan kesiapan pengamanan dan lainnya. Mengingat waktu yang tinggal beberapa hari lagi,” katanya.

Gubernur juga meminta kepada Kemenag RI selaku penanggung jawab STQ Nasional, untuk membantu kelancaran transportasi dari luar Kaltara ke Tarakan. Mengingat sejak beberapa hari ini, flight atau penerbangan ke Tarakan telah penuh semua. “Untuk kelancaran event ini, kami minta supaya Kemenag menyurati ke pihak maskapai agar menambah penerbangan atau extra flight ke Tarakan, hingga saat kepulangan para kafilah nanti,” imbuhnya.

Menanggapi hasil paparan dari Gubernur, Menag menyampaikan terima kasih dan apresiasinya. Lukman menyebut, persiapan sudah sangat bagus, tingga menunggu pelaksanaannya nanti. Dirinya juga mengajak semua pihak mendukung dan berdoa agar pelaksanaan STQ Nasional di Kaltara berjalan lancar dan sukses.

Terkait kepastian jadi tidaknya Presiden membuka STQ Nasional di Kaltara, Menag akan segera mengkomunikasikan ke pihak Sekretariat Negara. “Secepatnya akan kami komunikasikan. Mungkin dalam beberapa hari ini akan segera kami informasikan kepastiannya,” kata Lukman.

Begitu juga soal terbatasnya maskapai penerbangan, pihak Kemenag, kata Lukman akan menyurati pihak maskapai penerbangan untuk membantu kelancaran dengan menambah atau menyiapkan extra flight ke Tarakan hingga pemulangan para kafilah STQ Nasional nanti. “Selain memelihara tradisi baik, serta ajang silaturahmi, kami juga berharap melalui penyelenggaraan STQ Nasional di Kaltara akan memberikan dampak positif untuk Kaltara, dan Tarakan khususnya,” tutup Menag.(humas)

Berita Terkait
kaltaraprov
Copyright © 2017 Website Resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara
Top
×